welcome

Minggu, 10 April 2011

MANAJEMEN


     NAMA       ;  Mustafa sangadji
     NPM          ;  24210871
     KELAS      ;  1eb11
    TUGAS       ;  manajemen 





                 PT.COCA-COLA BOTTLING INDONESIA


1.      Apa itu coca-cola bottling indonesia

Coca-Cola Bottling Indonesia merupakan salah satu produsen dan distributor minuman ringan terkemuka di Indonesia. Kami memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berlisensi dari The Coca-Cola Company.

Perusahaan kami memproduksi dan mendistribusikan produk Coca-Cola ke lebih dari 400.000 outlet melalui lebih dari 120 pusat penjualan.
Coca-Cola Bottling Indonesia merupakan nama dagang yang terdiri dari perusahaan-perusahaan patungan (joint venture) antara perusahaan-perusahaan lokal yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha independen dan Coca-Cola Amatil Limited, yang merupakan salah satu produsen dan distributor terbesar produk-produk Coca-Cola di dunia.
Coca-Cola Amatil pertama kali berinvestasi di Indonesia pada tahun 1992. Mitra usaha Coca-Cola saat ini merupakan pengusaha Indonesia yang juga adalah mitra usaha saat perusahaan ini memulai kegiatan usahanya di Indonesia.
Produksi pertama Coca-Cola di Indonesia dimulai pada tahun 1932 di satu pabrik yang berlokasi di Jakarta. Produksi tahunan pada saat tersebut hanya sekitar 10.000 krat.
Saat itu perusahaan baru memperkerjakan 25 karyawan dan mengoperasikan tiga buah kendaraan truk distribusi. Sejak saat itu hingga tahun 1980-an, berdiri 11 perusahaan independen di seluruh Indonesia guna memproduksi dan mendistribusikan produk-produk The Coca-Cola Company. Pada awal tahun 1990-an, beberapa diantara perusahaan-perusahaan tersebut mulai bergabung menjadi satu.
Tepat pada tanggal 1 Januari 2000, sepuluh dari perusahaan-perusahaan tersebut bergabung dalam perusahaan-perusahaan yang kini dikenal sebagai Coca-Cola Bottling Indonesia.
Saat ini, dengan jumlah karyawan sekitar 10.000 orang, jutaan krat produk kami didistribusikan dan dijual melalui lebih dari 400.000 gerai eceran yang tersebar di seluruh Indonesia.

2.      Analisis SWOT

v  Kekuatan (Strength)
·         Riset and Development yang intensif
·         Pertumbuhan Penjualan
·         Brand Image
·         Loyalitas Konsumen
·         Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar
·         Harga Produk yang kompetitif dan SDM yang besar dan terlatih
·         Sebagai inovator dalam industri soft drink
·         Mempunyai struktur organisasi yang sangat baik
·         Memiliki kepopuleran merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat sedunia
·         Coca Cola memenangkan penghargaan untuk kategori kemasan kaleng dari jenis produk yang paling inovatif dan atraktif

v  Kelemahan (Weakness)
·         Ketersediaan bahan baku
·         biaya produksi yang tinggi
·         Inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar
·         Coca Cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
·         Bagan struktur organisasi yang tidak mencakup semua jabatan yang ada
v  Peluang (Opportunity)
·         1 Segmen Pasar
·         Pertumbuhan Pasar
·         Respon Terhadap Promosi
·         Kestabilan Struktur Harga dan Perkembangan Produk
·         Meningkatkan gaya hidup beberapa konsumen akan softdrink
·         Pendistribusian produk yang mudah ke berbagai daerah karena luasnya jaringan
·         Kerjasama dengan berbagai pihak
·         Pengembangan produk baru jenis makanan
·         Pertumbuhan iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat
·         Semakin meningkatnya pendapatan penjualan PT Coca – Cola

v  Ancaman (Threat)
·         Banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi
·         Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
·         Inovasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
·         Tingginya harga bahan mentah
·         Kesulitan mengatur seluruh anak perusahaan sedunia
·         Persaingan produk teh
·         Kebijakan pemerintah
·         Perubahan selera konsumen
·         Masuknya pesaing baru
·          Perang harga dan fluktuasi nilai tukar asing



3.      Analisa

Coca-Cola terus berinovasi untuk menciptakan produk, kemasan, strategi pemasaran, serta perlengkapan penjualan baru yang lebih berkualitas, kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri, Dengan memahami kebutuhan dan perilaku konsumen, serta potensi kekayaan alam Indonesia, Coca-Cola berinovasi dengan menciptakan produk-produk baru yang menjadikan produk minuman cepat saji Coca-Cola mempunyai rasa dan pilihan yang beragam.
Dengan inovasi, Coca-Cola yakin bahwa produk-produk yang ditawarkan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia.
Selain berinovasi pada produk-produk baru, Coca-Cola juga mencoba mengembangkan desain kemasan minuman, & meningkatkan kualitas, serta strategi pemasaran.
Selain berinovasi dalam produk, kemasan, dan strategi pemasaran; perlengkapan penjualan baru juga dikembangkan ke arah yang lebih baik. Berkaitan dengan inovasi ini, Coca-Cola Indonesia menciptakan jenis krat baru yang lebih ringan, dibuat dari bahan yang ramah lingkungan.
Kunci sukses inovasi tersebut adalah kolaborasi yang baik antara Coca-Cola Bottling Indonesia dan Coca-Cola Company, pengembangan varian minuman cepat saji dengan rasa baru, serta keinginan untuk menjadikan Coca-Cola Indonesia sebagai perusahaan minuman cepat saji yang lengkap.
























4.      Gambar



 


S                                W





 

                                              O                                      T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar